Kairo,LiputanIslam.com-Komite Hubungan Luar Negeri Parlemen Mesir mengutuk keras serangan AS, Inggris, dan Prancis ke Suriah. Parlemen Mesir menyatakan, mereka akan berunding dengan komite-komite luar negeri parlemen Arab lain, dengan tujuan mendorong pemerintah-pemerintah negara-negara itu untuk menemukan solusi krisis Suriah demi mewujudkan keamanan di negara tersebut.

Menurut laporan Rai al-Youm, komite ini juga akan mengirimkan statemen berisi kutukan terhadap serangan ini kepada parlemen AS, Inggris, dan Prancis, juga kepada parlemen Eropa. Tujuannya adalah mencegah terulangnya serangan sepihak serupa dan menjaga stabilitas regional serta melindungi jiwa rakyat Suriah.

Dalam statemen itu disebutkan, serangan ke Suriah adalah tindakan terburu-buru yang dilakukan sebelum ada hasil investigasi tim pencari fakta OPCW (Organisasi Pelarangan Senjata Kimia).

Parlemen Mesir juga menyebut serangan ini sebagai bentuk pelanggaran resolusi-resolusi internasional dan piagam PBB, juga salah satu hokum universal terpenting, yaitu penghormatan terhadap kedaulatan negara lain.

Statemen parlemen Mesir juga berisi dukungan terhadap rakyat Suriah dan hak mereka untuk menentukan sendiri nasib mereka. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL