Mosul,LiputanIslam.com-Komandan Kataib Babylon (paramiliter Kristen) mengecam keras pernyataan Erdogan, presiden Turki, tentang al-Hashd al-Shaabi baru-baru ini.

Rayan Salim al-Kaldani dalam statemennya menyatakan,”Al-Hashd al-Shaabi adalah sebuah organisasi nasional yang disahkan oleh parlemen dan presiden Irak. Kelompok ini menerima instruksi pemerintah dan komandan angkatan bersenjata Irak. Jadi, mana mungkin ini adalah organisasi teroris?”

Al-Kaldani menyatakan, sebaiknya Erdogan menangani urusan dalam negeri Turki dan para penentangnya ketimbang mengurusi masalah internal Irak.

Komandan relawan Kristen Irak ini mengungkapkan, ia heran Erdogan tidak bisa membedakan antara teroris dan orang-orang yang memerangi terorisme.

“Jika Erdogan berhasil merusak lembaga militer Turki, dia tidak akan mampu melemahkan institusi militer dan keamanan Irak. Andai menurut dia al-Hashd al-Shaabi adalah kelompok teroris, harus dikatakan bahwa organisasi ini telah menggagalkan konspirasi Erdogan terhadap rakyat Irak,”tegasnya.

Dalam pernyataannya, al-Kaldani menyebut al-Hashd al-Shaabi sebagai kelompok yang sukses membersihkan Irak dari ISIS yang merupakan ancaman bagi negara-negara dunia, termasuk Turki.

Baru-baru ini, Erdogan mengatakan,”Parlemen Irak masih mendukung al-Hashd al-Shaabi, walaupun mereka adalah kelompok teroris!”

Pasca pernyataan Erdogan ini, dubes Turki di Baghdad dipanggil oleh Kementerian Luar Negeri Irak, Kamis (19/4). (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL