Paris,LiputanIslam.com—Sejumlah pemimpin umat Muslim telah mulai melakukan kampanye anti terorisme yang melanda Eropa akhir-akhir ini. Para ulama tersebut mengecam aksi kejam para pelaku teror dan mengenang para korban yang gugur karena aksi tersebut.

Perjalanan kampanye yang dimulai pada Sabtu (8/7) oleh sejumlah ulama dari beberapa negara seperti Prancis, Belgia, Britania, dan Tunisia ini menggunakan bus dari Champs-Elysees Avenue di Paris, tempat seorang polisi Perancis, Xavier Jugele, ditembak mati oleh kelompok teror pada April lalu; menuju tempat-tempat lainnya di Eropa.

Tak hanya para ulama Muslim, para tokoh dari agama lainnya pun ikut terlibat dalam kampanye anti teror ini. Perjalanan ini rencananya akan menuju beberapa titik di walayah Eropa seperti: Brussel, Nice, dan Berlin. Bahkan penyelenggara pun berharap agar mereka dapat bertemu dengan Kanselor Jerman, Angela Merkel.

Tak hanya itu, perjalanan kampanye anti teror ini rencananya akan berakhir pada 14 Juli mendatang dengan Paris sebagai tempat pemberhentian terakhir. Hal ini dilakukan untuk memperingati tahun pertama serangan yang terjadi di Kota Nice.

Kelompok teroris ISIS telah mengaku bertanggung jawab atas serangan truk di Kota Nice yang telah menewaskan 86 orang tersebut. Para korban itu adalah mereka yang saat itu sedang menyaksikan pertunjukan kembang api “Bastille Day” pada 14 Juli, 2016 lalu. Selain itu, ISIS juga mengklaim serangan truk lainnya yang terjadi di Berlin dan menewaskan 12 orang pada Desember tahun lalu.

Perjalanan kampanye anti terorisme ini diinisiasi oleh Imam Drancy dan Penulis Prancis, Marek Halter. Mereka mengatakan bahwa perjalanan ini merupakan pesan untuk berkata “tidak” pada aksi teror, baik itu kepada sesama Muslim maupun non-Muslim.

“Kami di sini untuk mengingatkan bahwa agama kami dan Islam menentang perilaku kejam semacam itu,” ucap Hassen Chalghoumi, Imam Drancy, pada Sabtu.

Sebanyak 30 orang ikut andil dalam perjalanan ini. Rencananya, perjalanan ini akan mengikutsertakan lebih banyak peserta, hingga 60 orang. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL