Havana,LiputanIslam.com-Mantan perdana menteri dan presiden Spanyol, Panama, dan Republik Dominika mengecam ancaman militer Trump terhadap pemerintahan dan rakyat Venezuela.

Menurut laporan kantor berita Kuba, Prensa Latina, Jose Luis Rodriguez Zapataro (mantan perdana menteri Spanyol), Martin Torrijos (mantan presiden Panama), dan Leonel Fernandez (mantan presiden Republik Dominika) menyatakan penentangan mereka terhadap sikap provokatif Amerika. Tiga tokoh ini adalah mediator dalam penyelesaian krisis Venezuela.

Tiga pejabat ini menegaskan, perundingan diplomatik adalah satu-satunya jalan untuk mengatasi masalah di Venezuela.

“Ancaman-ancaman (Amerika) ini adalah kekeliruan yang sangat serius. Kami mendukung diadakannya perundingan damai,”ujar Fernandez mewakili para sejawatnya.

Sebelum ini, sejumlah politikus, gerakan sosial, dan negara-negara mengecam ancaman Trump terhadap Venezuela.

Pemerintah Ekuador dalam statemennya menyatakan,”Masyarakat dunia harus ingat bahwa Amerika Latin adalah kawasan perdamaian dan stabilitas. Semua negara harus berkomitmen menjaga stabilitas ini di hadapan ancaman atau intervensi asing.”

Sebelum ini, Trump mengatakan ada banyak opsi terkait Venezuela, termasuk opsi serangan militer. Namun di lain pihak, Pentagon menyatakan belum ada perintah dari Gedung Putih untuk menyerang Venezuela. (af/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL