London,LiputanIslam.com-Perdana Menteri Inggris menyatakan, para diplomat Rusia hanya punya waktu seminggu untuk angkat kaki dari Inggris.

Theresa May berkata, Inggris akan mengusir 23 diplomat Rusia terkait masalah peracunan mantan mata-mata Rusia di Inggris.

“Para petinggi Inggris dan anggota kerajaan Inggris tidak akan menghadiri Piala Dunia 2018 Rusia. Kami juga akan membatalkan pertemuan dengan menlu Rusia,”tandas May.

May mengklaim, Rusia tidak memberikan penjelasan memuaskan terkait insiden di Salisbury. Menurutnya, hubungan tingkat tinggi dengan Moskow akan dihapus.

PM Inggris mengaku, London ingin menjalin hubungan lebih baik dengan Moskow. Namun, katanya, sangat disayangkan bahwa Presiden Vladimir Putin bertindak semacam ini.

Di lain pihak, dubes Rusia di Inggris dalam statemennya menyatakan, tindakan ini (pengusiran diplomat) sangat tidak diterima dan tidak berdasar, juga dilakukan tanpa pertimbangan.

Kedubes Rusia di Inggris menegaskan, tanggung jawab atas memburuknya hubungan Moskow-London berada di pundak para pemimpin politik Inggris saat ini. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*