pangeran faisalRiyadh, LiputanIslam.com — Mantan Kepala Intelejen Kerajaan Arab Saudi Pangeran Turki Al Faisal menyatakan bahwa hubungan Saudi dengan AS telah berubah untuk selamanya, meskipun presidennya berganti kelak.

“Yang harus dilakukan adalah kalibrasi ulang hubungan antara Saudi dan AS. Seberapa jauh kita bisa tergantung pada AS? Seberapa banyak kita bisa mengandalkan kepemimpinan AS? Lalu, apa manfaat yang kita dapat dengan bekerjasama,” tukas dia, kepada CNN seperti yang dikutip Press TV (22/4/2016).

Faisal mengritik pernyataan Senator AS, Richard Blumenthal bahwa harga minyak yang rendah dan produksi domestik yang tinggi akan mengurangi ketergantungan AS pada minyak Saudi. Menurut Faisal, pernyataan senator tersebut merupakan penghinaan terhadap kerajaan.

“Saya selalu berpikir bahwa AS dan Saudi tulus bersama-sama dan bekerja sama. Jika Anda mengubah arah, Anda tidak perlu menghina,” kritiknya.

Faisal juga menyoroti ucapan Presiden AS Barack Obama yang menyebut Riyadh sebagai “free rider” atau penumpang gelap dalan implementasi kebijakan AS di kawasan. “Secara pribadi, hal ini membuat saya merasa terluka,” terang Faisal.

Baca: Di Balik Kunjungan Obama ke Saudi

Saat ini, Faisal tidak memegang posisi resmi dalam rezim Saudi, tetapi pandangan yang ia kemukakan dinilai mewakili pandangan dari pejabat senior di kerajaan.

Pernyataannya ini disampaikan tak lama setelah Obama berkunjung ke Arab Saudi untuk menemui Raja Salman dan pemimpin Arab lainnya di Riyadh, namun menurut laporan, ia mendapatkan sambutan yang dingin dan memalukan, meskipun Obama menegaskan bahwa ia masih sekutu dan akan tetap mendukung Saudi.

Hubungan AS-Saudi sendiri memang mulai renggang. Penyebabnya antara lain adalah kegagalan AS menggulingkan pemerintah Suriah, keberhasilan perundingan nuklir Iran, dan peluang Kongres meloloskan “bill 9/11” yang memungkinkan korban terorisme 9/11 untuk menuntut Saudi. Tak heran, Saudi mengancam akan menjual asetnya di AS senilai 750 miliar dolar. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL