Islamabad,LiputanIslam.com-Para pejabat Pakistan menyatakan, India sedang membangun kota nuklir rahasia untuk memproduksi senjata-senjata nuklir.

Menurut laporan koran Dawn, juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan, Nafees Zakaria, Kamis (9/2) mengklaim bahwa New Delhi memproduksi rudal antarbenua dan menyimpan bahan-bahan nuklir di kota rahasia ini.

Tanpa menyebutkan detil, Zakaria menambahkan, India juga sedang menguji coba rudal-rudal antarbenua.

Zakaria menyebut langkah ini berpengaruh pada perimbangan kekuatan di kawasan. Dia mengatakan,”Pakistan berkomitmen untuk menjaga prinsip hidup damai dengan semua tetangganya, termasuk India.”

Sebelum ini, Yayasan Studi Strategis Islamabad (ISSI) mengumumkan, India memiliki bahan yang cukup dan kemampuan teknis untuk memproduksi 356 hingga 492 bom nuklir.

Kantor berita Associated Press melaporkan, pemerintah India membantah tudingan Zakaria dan menganggapnya sebagai klaim tak berdasar.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Vikas Swarup, menyatakan,”Klaim-klaim ini tidak berdasar. Kota nuklir rahasia hanyalah halusinasi Pakistan belaka.”

“India selalu memegang teguh perjanjian-perjanjian internasional,”tambahnya.

Hubungan antara Islamabad dan New Delhi kian memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Penyebabnya adalah kekerasan yang terjadi di daerah sengketa dua negara, yaitu Kashmir. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL