Sana’a,LiputanIslam.com—Komunitas amal Oxfam mengatakan bahwa wabah kolera yang ada di Yaman, negara yang sedang dihancurleburkan oleh militer Saudi, merupakan wabah terbesar dan yang paling mengerikan dalam sejarah.

Organisasi amal internasional itu mengatakan pada Jum’at (21/7) bahwa lebih dari 360.000 kasus kolera tercatat telah melanda Yaman dalam rentan waktu tiga bulan terakhir.

“Memang sangat mengejutkan bahwa dalam tiga bulan terakhir saja, wabah kolera di Yaman telah melebihi penyakit yang melanda negara manapun dalam rentan waktu satu tahun,” ucap Nigel Timmins, direktur kemanusiaan Oxfam.

Berdasarkan atas laporan dari Oxfam, sejak wabah tersebut menyebar di Yaman pada April tahun ini, 2.000 orang telah meninggal dunia.

“Krisis wabah yang begitu masif seperti ini, benar-benar membutuhkan penanganan yang cepat. Sejauh ini, dana yang disediakan oleh pemerintah untuk menangani wabah koleran ini bahkan tidak cukup mengobati separuh dari total keseluruhan korban,” tambahnya.

Arab Saudi telah melancarkan perang melawan Yaman sejak Maret 2015 serta mengembargo negara miskin tersebut.

Awal bulan ini, PBB mengungkapkan bahwa wabah kolera yang menimpa Yaman adalah buatan manusia, bukan kejadian alami.

Serangan militer koalisi Arab Saudi ini bertujuan untuk mengembalikan kekuasaan mantan presiden Hadi, sekutu setia Riyadh, dan melemahkan kekuatan gerakan Houthi Ansarullah. Meski begitu, rezim Riyadh telah gagal mencapai tujuannya, sekalipun telah menghabiskan banyak dana untuk hal itu. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL