Colombo,LiputanIslam.com-Stasiun televisi Euro News melaporkan, ISIS pada hari Kamis (25/4) mempublikasikan video pelaku serangan bom di Srilanka di situs Amaq. Sebelum ini, kelompok teroris itu telah mengaku bertanggung jawab atas serangan di gereja Srilanka.

Dalam video, terlihat 8 orang yang berdiri d bawah bendera ISIS serta menyatakan kesetiaan kepada Abu Bakar Baghdadi. Dari 8 orang dalam video, hanya satu yang tidak mengenakan penutup muka.

Laporan Euro News menyebutkan, identitas orang tak bertopeng itu sudah diketahui.

Menurut aparat kepolisian Srilanka, orang itu bernama Muhammad Dhuhran. Dia adalah seorang dai di timur Srilanka yang dikenal berhalauan radikal. Dhuhran disebut-sebut sebagai otak di balik sejumlah serangan bom terakhir di negara itu.

Para pakar masalah politik berpendapat, serangan-serangan terbaru di Srilanka menunjukkan perubahan strategi ISIS, menyusul kekalahan mereka di Irak dan Suriah. Kini ISIS dikabarkan menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai salah satu target terpenting mereka.

Dalam beberapa bulan terakhir, ISIS relatif ‘sukses’ menjalankan strategi baru ini. Pengeboman-pengeboman baru-baru ini di sejumlah negara Afrika, dan kini Srilanka, adalah buktinya.

Pada hari Selasa (23/4), ISIS mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diri di Srilanka, yang menewaskan 321 orang dan melukai 500 orang lainnya. (af/alalam/irna)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*