TelAviv,LiputanIslam.com-Menjelang kian dekatnya masa pemilu Israel dan di tengah pusaran kasus korupsi yang dihadapi Benyamin Netanyahu, kini salah satu donatur utamanya justru menarik dukungan darinya.

Sheldon Adelson, kapitalis Yahudi-AS dan pemilik harian Israel Hayom, menyatakan dirinya tak akan bertemu lagi dengan Netanyahu. Hal ini disampaikan Adelson usai dirinya terseret kasus korupsi perdana menteri Rezim Zionis tersebut.

Baca: Israel Siap Bangun Dua Ribu Unit Pemukiman di Tepi Barat

Menurut laporan Channel 13 Israel, Adelson memutus hubungan dengan Netanyahu, usai mengetahui wawancara rahasia Netanyahu dengan Arnon Mozes, pemilik harian Yedioth Ahronoth, yang notabene adalah saingan Israel Hayom.

Netanyahu berjanji kepada Mozes, jika dia meliput berita positif soal aktivitas dirinya dan istrinya untuk opini umum Israel, maka Netanyahu akan melapangkan jalan bagi pengesahan UU yang akan melemahkan Israel Hayom. Padahal, Adelson adalah salah satu pendukung finansial dan politik Netanyahu dalam berbagai pemilu Israel. Adelson juga salah satu pelobi kuatnya di kancah politik AS.

Harian Haaretz menulis, ada kemungkinan Netanyahu akan menghadapi dimejahijaukan atas tuduhan penipuan, suap, dan penyalahgunaan kekuasaan.

Saat dinterogasi polisi Israel, Adelson mengatakan bahwa saat UU yang merugikan korannya disahkan, dia mengadukan hal itu kepada Netanyahu. Namun Netanyahu justru mengkambing hitamkan Ayelet Shaked, menteri hukum dan salah satu mantan petinggi Partai Rumah Yahudi. Menurut Netanyahu, Adelson harus menyalahkan Shaked, karena dia-lah yang mendukung pengesahan UU tersebut.

Selain menyebut Netanyahu bersekongkol di balik layar untuk menjatuhkan hariannya, Adelson juga membeberkan bahwa dia dan istrinya kerap mengintervensi Israel Hayom. Sebagai contoh, Sara Netanyahu berkali-kali meminta dari istri Adelson untuk memecat redaktur Israel Hayom. (af/alalam)

Baca Juga:

IRGC Ancam AS Jika Berani Targetkan Iran

Anggota Kerajaan Larang Saudi Terlibat Perang dengan Iran

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*