Washington,LiputanIslam.com-Kepala dewan hubungan luar negeri Amerika menyatakan, melihat realita dunia dan kawasan saat ini, opsi terbaik bagi Amerika adalah tetap bertahan dalam kesepakatan nuklir Iran (JCPOA).

Tanggapan publik Amerika terhadap pernyataan kepala Pentagon terkait JCPOA masih terus berlanjut. Menhan Amerika, James Mattis, beserta Jenderal Joseph Dunford hadir di pertemuan komite angkatan bersenjata Senat Amerika pada Selasa (3/10) lalu.

Mattis dalam pertemuan tersebut menyatakan, tidak ada bukti bahwa Iran melanggar JCPOA. Oleh sebab itu, dia mendukung agar Amerika tidak keluar dari kesepakatan nuklir tersebut. Menurut Mattis, bertahannya Amerika dalam JCPOA akan menjamin keamanan nasional Paman Sam.

Pernyataan Mattis ini didukung sejumlah pihak, termasuk Richard Haass, kepala dewan hubungan luar negeri Amerika. “Mattis benar. Bertahannya Amerika di JCPOA akan menguntungkan kita,”ujar Haass.

Meski demikian, Haass mengatakan, bertahannya Amerika di JCPOA tidak berarti bahwa kesepakatan itu tidak bercacat. “Kesepakatan ini memiliki kekurangan. Namun untuk saat ini, opsi terbaik bagi Amerika adalah tetap mengikuti JCPOA,”pungkasnya. (af/alalam/fars)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL