Kedubes AS di Palestina (foto: alalam)

Washington,LiputanIslam.com-Baru-baru ini, Donald Trump, presiden baru Amerika, berjanji memindahkan kedubes AS ke al-Quds (Baitul Maqdis). Hal ini bertolak belakang dengan kebijakan AS selama ini.

Dalam konferensi pers terakhirnya sebagai presiden, Obama mengatakan,”Ketika keputusan terkait masalah fundamental dan sensitif diambil secara tiba-tiba dan sepihak, itu akan menimbulkan ‘ledakan’”.

Saat ditanya perihal kemungkinan dipindahkannya kedubes AS, ia menjawab,”Ini adalah hal yang kami upayakan untuk disampaikan secara bertahap kepada tim presiden terpilih. Kami ingin memberitahunya (Trump) bahwa keberadaan kedubes AS di al-Quds ibarat ‘mesiu.’”

Obama lalu mengungkapkan alasan pemerintahnya tidak memveto resolusi Dewan Keamanan terkait pembangunan pemukiman Yahudi. Dia mengklaim bahwa solusi Dua Negara (negara Palestina dan Zionis) adalah satu-satunya jalan keluar.

“Tujuan draft resolusi itu adalah menegaskan bahwa pembangunan pemukiman Yahudi akan menyulitkan terwujudnya solusi Dua Negara,”pungkasnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL