Sana’a,LiputanIslam.com—Sebuah LSM (NGO) yang menamakan dirinya “Save the Children” melaporkan bahwa satu anak di Yaman meninggal dunia dalam hitungan 10 menit karena minimnya bantuan kemanusiaan yang masuk dan mewabahnya penyakit kolera yang melanda negara itu.

Koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman mengumumkan pada 5 November bahwa pihaknya telah menutup semua akses masuk ke Yaman setelah kelompok Houthi melancarkan rudal balistik ke Ibukota Saudi, Riyadh.

Aksi blokade itu dikritisi oleh banyak komunitas HAM. Mereka mengatakan bahwa hal itu dapat menghalangi bantuan kemanusiaan kepada warga Yaman yang membutuhkan. LSM “Save the Children” mengatakan bahwa tidak ada acara lain untuk mengangkut makanan dan obat-obatan ke Yaman, jika semua pelabuhan ditutup. Organisasi ini juga memperingatkan bahwa 400.000 anak-anak di Yaman tengah menghadapi ancaman mal-nutrisi.

Pada Senin, Ribuan warga Yaman turun ke jalan untuk menentang kebijakan blokade tersebut. Merespon hal itu, koalisi Saudi pun mengumumkan akan membuka beberapa pelabuhan di Yaman.

Save the Children juga menyampaikan bahwa sebelum blokade ini dilakukan pun, ribuan anak-anak di Yaman tengah dilanda penyakit dan kelaparan. (fd/albawaba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL