Al-Quds,LiputanIslam.com-Perdana menteri Israel kembali melontarkan tuduhan-tuduhan tak berdasar kepada Iran, Rabu (4/7). Benyamin Netanyahu menuduh Iran “membalas air susu dengan air tuba,” karena Eropa mengundang Hassan Rouhani, namun orang-orang Iran justru ‘merencanakan aksi pengeboman.’

Dalam pidatonya di acara peringatan hari kemerdekaan AS, yang dilangsungkan di kedubes negara ini di al-Quds, Netanyahu menyebut JCPOA sebagai “kesepakatan buruk yang membuat Iran bisa menyokong teroris dengan milyaran dolar.”

“Pertemuan Iran dengan empat negara Eropa bertujuan untuk mengkaji cara-cara mengatasi dampak keluarnya AS dari JCPOA,”ujar Netanyahu.

Dia lalu menyinggung tentang penangkapan seorang diplomat Iran di Austria, yang ditahan atas tuduhan-tuduhan absurd. Netanyahu berkata,”Empat negara Eropa mengundang presiden Iran. Namun beberapa hari lalu, pemerintah Iran mengutus sebuah tim teroris untuk melakukan aksi di Paris.”

Perdana menteri Israel lalu mengecam Eropa karena tetap mempertahankan hubungan dagang dan ekonomi dengan Iran demi mengurangi dampak embargo AS.

Ditujukan kepada negara-negara Eropa, Netanyahu berkata,”Hentikan dukungan kalian terhadap rezim yang mendukung terorisme untuk melawan kalian dan negara-negara lain. Berhentilah kalian menenangkan dan menghibur Iran.” (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*