New Delhi,LiputanIslam.com—PM Israel, Benjamin Netanyahu, menyampaikan bahwa dirinya kecewa atas penolakan New Delhi untuk mengakui bahwa Yerussalem al-Quds merupakan Ibu Kota Israel.

“Saya merasa kecewa,” ucap Netanyahu pada Senin (15/1) dalam kunjungannya ke India yang berlangsung selama enam hari tersebut.

India merupakan satu dari 120 negara yang mendukung resolusi agar Amerika menarik pengakuannya bahwa Yerussalem al-Quds adalah Ibu Kota untuk Israel.

Selain itu, India juga memutuskan untuk mengurangi pembelian rudal anti-tank dari Tel Aviv senilai 500 juta dolar. Hal ini dilakukan untuk mengakhiri status India sebagai negara importer senjata militer tertinggi di dunia.

Biasanya, setiap tahun, penjualan senjata militer Israel kepada India mencapai 1 milyar dolar. Tetapi, tahun ini, PM India, Narendra Modi, memutuskan untuk memangkas biasa pembelian hingga 500 juta dolar.

Meski demikian, Netanyahu tetap mengatakan bahwa dirinya memiliki hubungan khusus dengan rekannya Modi. “Kunjungannya ke India kali ini merupakan bukti bahwa hubungan antara kedua negara sedang bergerak maju dalam berbagai bidang.” Ungkap Netanyahu.

Modi menjabat sebagai PM India sejak tahun 2014 silam. Ia merupakan PM India pertama yang melakukan kunjungan ke Israel, sebagai bagian dari rencananya untuk memperluas hubungan dengan Tel Aviv. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL