Munich,LiputanIslam.com-Benyamin Netanyahu mengecam pernyataan sejawat Polandianya, Mateusz Morawiecki, terkait keterlibatan orang Yahudi dalam Holocaust.

Menurut laporan AFP dari Warsawa, parlemen Polandia pada bulan ini mengesahkan aturan yang akan memenjarakan tiap orang yang menyebut Polandia terlibat dalam Holocaust.

Berdasarkan teks aturan ini, siapa pun yang menggunakan ungkapan “kamp-kamp konsentrasi Polandia,” akan dijatuhi hukuman penjara selama tiga tahun. Namun undang-undang ini tidak mencakup penelitian ilmiah tentang Perang Dunia II.

Di sela-sela konferensi keamanan Munich Sabtu kemarin (17/2), PM Polandia ditanya seorang wartawan, apakah dia akan dihukum jika bercerita tentang ibunya yang selamat dari Holocaust. Morawiecki menjawab,”Tentu saja Anda tidak akan dihukum. Jika ada orang yang mengatakan, bahwa selain orang Jerman, terdapat juga orang Polandia, Yahudi, Rusia, dan Ukraina yang terlibat Holocaust, dia tidak akan dihukum.”

Pernyataan Morawiecki ini segera memantik reaksi keras dari PM Israel.

Netanyahu, yang juga tengah berada di Munich, berkata,”Ucapan PM Polandia sangat menghina. Ada sebuah kesulitan dalam memahami sejarah dan berkurangnya sensitifitas terhadap tragedi kaum Yahudi.”

Rakyat Polandia sudah sejak lama menentang ungkapan-ungkapan seperti “kamp-kamp konsentrasi Polandia.” Mereka berpendapat, ungkapan semacam ini mengesankan bahwa negara mereka juga berperan dalam pembangunan kamp-kamp tahanan yang dibuat Nazi Jerman. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*