TelAviv,LiputanIslam.com-Sejumlah sumber Israel menyatakan, Benyamin Netanyahu memberikan ultimatum kepada menlu Jerman dan Prancis. Dilansir oleh situs Axios, PM Israel menyatakan bahwa Eropa harus memilih antara Iran dan AS.

“Setelah AS keluar dari kesepakatan nuklir JCPOA, kalian (Eropa) mesti memilih antara ekonomi kecil Iran dan ekonomi besar AS,”ujar Netanyahu kepada menlu Jerman dan Prancis.

Menurut laporan Axios, Netanyahu memberikan tiga solusi untuk mencegah AS keluar dari JCPOA, yaitu:

  • Menjatuhkan sanksi atas program rudal Iran
  • Inspeksi atas situs-situs (militer) mencurigakan di Iran
  • Menghapus pasal di JCPOA terkait berakhirnya pembatasan untuk program nuklir Iran setelah 9 tahun

Menurut para pejabat Israel, seperti dikutip Axios, Heiko Maas dalam pertemuan tersebut mengatakan, keberadaan JCPOA lebih baik daripada ketidakadaannya. Dalam menanggapi ucapan menlu Jerman itu, Netanyahu mengatakan bahwa kesepakatan 1938 Munich juga merupakan sebuah perjanjian. Saya, kata Netanyahu, ingin mengingatkan apa yang terjadi dengan kesepakatan nuklir Korut.

Dalam pertemuan itu, menlu Prancis, Jean-Yves Le Drian, menyinggung tentang hasil kunjungannya ke Iran. Dia mengaku putus asa melihat sikap tegas Teheran terhadap permintaan Eropa terkait program nuklir Iran serta aktivitasnya di Suriah, Lebanon, dan Yaman. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*