Brussel,LiputanIslam.com-Lawatan delegasi Eropa ke Tanah Pendudukan dibatalkan, menyusul keengganan Benyamin Netanyahu untuk menemui Federica Mogherini, staf urusan luar negeri Uni Eropa, di sela-sela sebuah konferensi di al-Quds.

Menurut laporan Times of Israel, Mogherini berencana menghadiri konferensi Komunitas Yahudi Eropa di al-Quds pada pekan depan. Dia lalu mengirim permintaan untuk menemui PM Israel ke kantornya.

Sejauh ini, sumber-sumber Israel tidak menjelaskan alasan Netanyahu menolak permintaan Mogherini.

Netanyahu sendiri tengah menjalani tur Eropa dalam beberapa hari terakhir. Dalam lawatannya ke Inggris, Jerman, dan Prancis, dia meminta dari tiga negara tersebut untuk mendukung kebijakan anti-Iran Washington, yang kini sudah keluar dari JCPOA.

Pihak-pihak Eropa dikabarkan membela JCPOA dan mengatakan, mereka tetap bertahan dalam kesepakatan ini selama Iran memenuhi komitmennya.

Eropa juga menyatakan, mereka tidak bisa berbuat apa-apa soal gelombang keluarnya perusahaan-perusahaan Eropa dari Iran. Mereka mengaku hanya bisa menghimbau untuk melanjutkan kerjasama dagang dengan Teheran. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*