TelAviv,LiputanIslam.com-PM Israel bereaksi terhadap keputusan Uni Eropa yang memberikan bantuan 18 juta euro kepada Iran. Benyamin Netanyahu mengklaim, langkah itu adalah sebuah “kesalahan besar.”

“Saya berpendapat, keputusan Uni Eropa (memberikan bantuan ke Iran) adalah kesalahan besar.”

“Menurut saya, ini seperti sebuah pil racun bagi rakyat Iran dan (penghalang) upaya untuk meredam kekerasan Iran di kawasan dan penyebaran terornya di seluruh penjuru dunia,”ujar Netanyahu.

Pernyataan semacam ini disampaikan Netanyahu, padahal menurut para pakar, rezimnya sendiri adalah salah satu faktor utama ketidakamanan dan ketidakstabilan regional.

Tentara Israel dalam tiga bulan terakhir telah membunuh lebih dari 170 warga Palestina dan melukai ribuan orang lainnya sejak dimulainya unjuk rasa damai al-Awdah di Gaza.

Rezim Zionis juga mendukung teroris al-Qaeda sejak awal krisis Suriah pada tahun 2011 lalu.

“Untuk apa uang ini digunakan? Tentu tidak akan digunakan untuk mengatasi krisis air di Iran atau problem yang dihadapi para sopir truk. Uang itu pasti akan digunakan untuk membiayai rudal-rudal IRGC,”tuding Netanyahu.

Saat pengumuman pemberian bantuan ini, Federica Mogherini (staf kebijakan luar negeri UE) mengatakan,”Dengan bantuan ini, Uni Eropa menunjukkan dukungannya terhadap rakyat Iran dan pembangunan damai mereka. Ini juga merupakan stimulan untuk partisipasi semua pihak di Iran, khususnya di sektor swasta.” (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*