Damaskus,LiputanIslam.com-Amir Bohbot, analis militer situs Zionis, Walla, menyatakan, Netanyahu menemui Putin di Moskow agar Rusia mencegah Bashar al-Assad memberi ‘hadiah’ kepada Iran.

Menurut laporan yang dinukil situs Arabi21 dari Amir Bohbot, Netanyahu menginformasikan kepada Putin bahwa al-Assad akan mengizinkan Iran membangun pelabuhan khusus di pesisir barat laut Suriah.

“Netanyahu memberitahu Putin bahwa pembangunan pelabuhan ini akan sangat membahayakan Israel dan meningkatkan ketangguhan Iran,”kata Bohbot.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Bohbot dari sebuah sumber di militer Israel, pembangunan pelabuhan ini akan memperpendek jarak tembak rudal-rudal Iran. Dengan demikian, semua bagian Israel bisa dijangkau oleh rudal-rudal Iran.

Bohbot mengklaim, informasi ini diberitahukan kepada Putin agar dia menekan al-Assad untuk tidak menandatangani kesepakatan apa pun dengan Iran.

“Bahkan jika Putin tidak bersedia mencegah kesepakatan ini, setidaknya dia akan ‘memaklumi’ jika nanti Israel menyerang pelabuhan ini,”ujar Bohbot.

Analis militer ini menambahkan, guna melegalkan serangan militer atas pelabuhan ini, Israel mengklaim bahwa pelabuhan ini juga membahayakan negara-negara Arab. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL