London,LiputanIslam.com-Harian terbitan Inggris, The Guardian, melaporkan, para pejabat tinggi dari 52 Negara-negara Persemakmuran berencana mengadakan rapat tertutup pada bulan April mendatang. Negara-negara tersebut, termasuk Australia dan Kanada, akan bermusyawarah guna membahas siapa pemimpin mereka pasca kematian Ratu Inggris.

Kantor berita BBC, yang juga mengkonfirmasi kabar ini, menyatakan bahwa rapat itu akan diadakan di London. Meski dikabarkan bahwa agenda utama rapat itu adalah pembahasan tentang pengaturan Negara-negara Persemakmuran, namun menurut sejumlah sumber, topik calon pengganti Ratu Elizabeth II juga akan dibahas.

Saat ini Ratu Elizabeth II telah menginjak usia 92 tahun. Sebagai menjabat sebagai ratu Inggris, dia juga merupakan ratu bagi 12 negara lain.

Menurut BBC, Ratu Elizabeth telah memilih Pangeran Charles sebagai penggantinya. Dia telah mengirim sejumlah pejabat ke Negara-negara Persemakmuran guna mendukung status Charles sebagai putra mahkota.

Kekuasaan di Inggris adalah warisan turun temurun. Namun status pemimpin Negara-negara Persemakmuran, yang kini dipegang Ratu Elizabeth, tidak mesti berpindah ke tangan penggantinya.

Mayoritas Negara-negara Persemakmuran pernah dijajah Inggris. Sekitar 2 milyar penduduk Bumi tinggal di negara-negara tersebut dan lebih dari 60 persen mereka berusia kurang dari 30 tahun. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL