Pengamanan ketat oleh militer Myanmar di distrik Rakhine. (foto:presstv/AFP)

Pengamanan ketat oleh militer Myanmar di distrik Rakhine. (foto:presstv/AFP)

Naypyidaw,LiputanIslam.com-Program Pangan Dunia (WFP) mengumumkan, pemerintah Myanmar menghalangi pengiriman bantuan pangan untuk penduduk Rakhine di barat laut negara ini.

Menurut saksi mata, militer Myanmar menempatkan pasukan di kawasan utara distrik Rakhine dekat perbatasan Bangladesh. Mereka mencegah bantuan pangan dikirim ke daerah yang mayoritas penduduknya adalah Muslimin Rohingya.

Menyusul tewasnya 9 anggota polisi Myanmar awal pekan lalu di dekat perbatasan Bangladesh, pemerintah Myanmar meningkatkan pengamanan di Rakhine. Muslimin Rohingya dituduh sebagai pelaku serangan ini.

Media-media Myanmar melaporkan, sejak pekan lalu, 30 orang tewas akibat serangan militer pemerintah.

WFP menyatakan, tiap hari, biasanya bantuan pangan diberikan kepada 80 hingga 85 ribu orang di daerah yang dikepung militer Myanmar. Namun, beberapa hari terakhir, militer menghalangi pengiriman bantuan tersebut.

Arsene Sahakian, wakil WFP di Myanmar, mengatakan,”Militer ada di semua tempat dan memberlakukan larangan keluar-masuk daerah itu. Sebab itu, kami mustahil menjangkau daerah tersebut.”

Menurut laporan PBB, Muslimin Rohingya adalah salah satu kelompok paling tertindas di dunia. Mereka berjumlah lebih dari 1,3 juta orang, namun tak memperoleh hak sepenuhnya sebagai warga negara Myanmar.

Beberapa tahun terakhir, banyak orang dari Muslimin Rohingya, terutama di distrik Rakhine, yang terbunuh atau terlunta-lunta akibat serangan kelompok ekstremis Budha.

Menyusul kekerasan atas Muslimin Rohingya, banyak dari mereka yang mengungsi ke negara-negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Teror kelompok-kelompok ekstremis mencapai puncaknya di tahun 2012. Akibatnya, sejumlah desa terbakar habis dan menyebabkan puluhan ribu warga Rohingya tinggal di kamp-kamp penampungan.(AF/presstv.fa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL