Washington,LiputanIslam.com—Orang-orang Muslim Amerika menggelar aksi protes anti-Saudi di Washington pada Senin (3/7), untuk memperingati tahun ke-92 penghancuran makam ‘Jannat al-Baqi’ di kota suci Madinah.

Dalam aksi tersebut, para demonstran mengecam ideologi radikal Wahabi yang menginspirasi lahirnya kelompok teroris ISIS takfiri di Irak dan Suriah.

Para demonstran itu juga membawa spanduk bertuliskan, “Lenyapkan Wahhabisme,” “Hentikan terorisme Wahabi,” “Umat Muslim menentang ISIS,” “ ISIS/ISIL = Wahhabisme” dan “ Bangun kembali al-Baqi.”

Ideologi takfirisme, yang menjadi tanda dari banyak kelompok teroris, umumnya dipengaruhi oleh paham Wahabisme yang secara luas dianut oleh para ulama Saudi.

“Ratusan demonstran melakukan aksinya melawan pemusnahan 98 persen warisan peradaban kita di Saudi Arabia,” ucap salah seorang partisipan dalam aksi tersebut.

“Ideologi ekstremis Wahabi yang dipropagandakan dan dipromosikan oleh Arab Saudi merupakan sebab dibalik munculnya kelompok-kelompok takfir seperti ISIS, al-Shabab, Boko Haram.. dan hancurnya beberapa warisan peradaban umat Muslim di Iraq dan Suriah,” tambahnya.

Puluhan tahun lalu, tepatnya pada tanggal 21 April 1925, orang-orang Saudi membakar pemakaman Jannat al-Baqi dan menhancurkan makam-makam keluarga dan sahabat Rasulullah yang berada di dalamnya.

Bahkan, dengan bantuan negara Saudi, penghancuran atas situs-situs suci dan bersejarah lainnya masih tetap berlangsung hingga saat ini. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL