13950830000414_photoaDamaskus,LiputanIslam.com- Dalam sebuah jumpa pers (20/11), ketika ditanya seorang wartawan BBC soal sikap pemerintah baru Amerika terkait Suriah, Walid Muallem menjawab, ia berharap Trump mengambil pelajaran dari kesalahan-kesalahan Obama.

“Amerika menghabiskan jutaan dolar, tapi gagal meraih tujuannya. Sebab itu, kami tegaskan, perundingan adalah satu-satunya solusi untuk krisis Suriah. Amerika juga harus sadar bahwa Rusia adalah salah satu pihak utama dalam menangani krisis Suriah,”demikian Muallem menjelaskan.

Ia menambahkan,”Mari kita lihat seberapa banyak pernyataan Trump saat kampanye akan direalisasikan. Kami ingin agar Washington mencegah negara-negara lain menyokong teroris di Suriah.”

Ia mengingatkan, pemerintah Suriah selalu mendukung perundingan antara sesama orang Suriah, baik perundingan ini dilakukan di Suriah atau di Jenewa.

Terkait kehadiran militer Turki di tanah Suriah, Muallem menganggap hal itu sebagai bentuk invasi. Oleh karena itu, Suriah tidak melakukan kerjasama dan koordinasi sama sekali dengan Turki.

Muallem juga menyinggung tentang pengepungan Mosul oleh pasukan Irak. Dia menyatakan, pemerintah Suriah bekerjasama dengan pemerintah Irak di perang Mosul guna mencegah teroris memasuki Suriah.

“Suriah memberi selamat kepada pasukan Irak dan Hashd al-Shaabi atas perjuangan mereka dalam menumpas ISIS,”ujar Muallem. (af/farsnews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL