Mosul,LiputanIslam.com-Hanya beberapa hari setelah Mosul Timur dibebaskan, kehidupan normal kembali ke kota ini. Para pedagang mulai membuka kembali toko-toko mereka, sementara polisi mengontrol situasi di kota ini.

IRNA melaporkan, sekolah-sekolah SD hingga SMA mulai membuka gerbang untuk para siswa. Di saat yang sama, sejumlah mahasiswa membersihkan Universitas Mosul secara sukarela.

Hal-hal yang dahulu ditabukan dan dilarang ISIS saat berkuasa, kini mulai terlihat kembali; hal-hal seperti merokok, mengenakan beragam model pakaian, berbagai gaya rambut, dan mencukur jenggot. Dahulu, saat Mosul diduduki ISIS lebih dari dua tahun, para pelaku hal-hal lazim seperti ini mendapat sanksi berat, bahkan hukuman mati.

Hari-hari ini, salon khusus wanita dan barbershop pria paling ramai dikunjungi pelanggan. Kebanyakan kaum pria memotong jenggot ala ISIS dan merapikan penampilan mereka.

Berlawanan dengan masa ketika polisi khusus ISIS (Hasbah) mempersulit mondar mandirnya kaum wanita di jalan, kini mereka bisa keluar dan berbelanja dengan nyaman di pasar-pasar.

Harian as-Sabah menulis, pemerintah Irak sedang menyiapkan proposal untuk mengembalikan kehidupan normal ke daerah-daerah yang telah dibebaskan di provinsi Nineveh. Proposal ini mencakup sejumlah poin utama.

Menurut koran ini, Abbas al-Bayati, seorang anggota parlemen Irak, mengatakan bahwa renovasi infrastruktur, penyediaan layanan, himbauan kepada para pengungsi untuk kembali ke rumah mereka, dan menciptakan keamanan, adalah poin-poin utama dalam proposal ini. (af/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL