Moskow,LiputanIslam.com-Menteri Luar Negeri Rusia menyatakan, AS berusaha melakukan sebuah kudeta di Suriah. “Moskow memiliki banyak dokumen terkait rencana Barat untuk menyembunyikan anggota Jabhat al-Nusra,”kata Sergey Lavrov dalam sebuah konferensi pers.

“Negara-negara Barat mengubah nama Jabhat al-Nusra demi melindungi para anggotanya. Mereka dipersiapkan untuk mengkudeta dan menggulingkan pemerintah Damaskus saat ini,”tambahnya.

Lavrov mengatakan, AS telah memulai sejumlah aktivitas riset untuk menggulingkan pemerintahan Assad. Menurutnya, ini bukti bahwa Barat tidak berkomitmen untuk menjaga butir-butir perjanjian yang telah disepakati.

“Aktivitas ini juga pelanggaran terhadap resolusi PBB tentang keutuhan wilayah Suriah,”tegasnya.

Lavrov menyebut keberadaan pasukan Suriah dan Angkatan Udara Rusia di Ghouta Timur sebagai tindakan legal. Dia mengajak Barat untuk memulihkan kondisi di kota tersebut.

“Damaskus berusaha menumpas Jabhat al-Nusra dengan dukungan dari Rusia.”

“Operasi militer untuk menumpas mereka sesuai dengan kebijakan PBB. Sebab itu, gempuran pemerintah Suriah atas kelompok teroris ini adalah tindakan yang sah sepenuhnya,”pungkas Lavrov. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*