Damaskus,LiputanIslam.com-Seorang pejabat militer senior Rusia pada Senin (8/10) mengabarkan, Rusia telah memberikan tiga paket sistem S-300  beserta 8 peluncur dan lebih dari 100 rudal terpandu darat ke udara untuk tiap sistem.

“Tiga paket sistem pertahanan udara S-300, yang masing-masing dilengkapi 8 peluncur, telah diserahkan secara gratis ke Suriah pada 1 Oktober lalu,”kata pejabat Rusia tersebut, seperti dilansir oleh kantor berita TASS.

“Sebelumnya sistem ini berada di salah satu pangkalan antariksa Rusia, yang sekarang sudah menggunakan S-400. S-300 ini telah dirawat baik di perusahaan-perusahaan pertahanan Rusia. Perangkat-perangkat dalam kondisi bagus dan siap difungsikan,”tambahnya.

Sesuai kesepakatan tahun 2010, Rusia berencana mengirim sistem pertahanan udara ini ke Suriah. Menyusul jatuhnya sebuah pesawat pengintai IL-20 Rusia di angkasa Suriah dan tewasnya 17 awak pesawat itu, menhan Rusia mengabarkan akan segera melengkapi Damaskus dengan S-300.

S-300 sanggup merontokkan pesawat modern yang dilengkapi antiradar, rudal balistik jarak menengah, rudal cruise, dan pesawat awacs. Sistem pertahanan buatan Rusia ini disebut sebagai pemangsa jet-jet F-15 dan F-16 milik AS. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*