Oslo,LiputanIslam.com-Milyarder asal Norwegia, Kjell Inge Roekke, berniat menyumbangkan sebagian besar hartanya melalui World Wide Fund (WWF). Milyarder yang kekayaanya mencapai dua milyar dolar (RP 26,6 triliun) ini bertekad membersihkan lautan dari sampah plastik.

Sebelum ini, Inge Roekke adalah seorang nelayan. Setelah bekerja di bidang perminyakan, akhirnya dia memperoleh harta berlimpah. Dengan menyumbangkan hartanya untuk melindungi lingkungan hidup, dia sejajar dengan para milyarder termasyhur seperti Bill Gates, Warren Buffet, dan Mark Zuckerberg.

Dalam wawancara dengan harian Aftenposten, Inge Roekke mengatakan,”Saya ingin mengembalikan sebagian harta yang saya peroleh kepada masyarakat. Sebab itu, saya memberikan sebagian harta saya kepada kapal riset yang membersihkan lautan dari plastik.”

Kapal peneliti pembersih lautan dari plastik ini bisa menampung 30 awak dan 60 ilmuwan. Kapal ini juga dilengkapi dengan laboratorium ilmiah.

Menurut Aftenposten, tiap hari kapal ini mengangkat sekitar 5 ton sampah plastik dari lautan.

“Samudera dan laut membentuk 70 persen dari luas bumi. Di sebagian besar wilayah ini, belum pernah ada penelitian sama sekali,”kata Inge Roekke.

Sejauh ini, Inge Roekke belum mengumumkan jumlah dana yang ia sumbangkan untuk kapal penelitian ini.

Dia dan istrinya dikabarkan memiliki sebuah lembaga yang memberikan beasiswa kepada para mahasiswa. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL