turki tembak suriahDamaskus, LiputanIslam.com — Kementerian Pertahanan Rusia merilis video yang disebut sebagai bukti tak terbantahkan bahwa pasukan Turki menyerang Suriah dengan artileri berat.

“Inilah yang disebut fakta. Bukti tak terbantahkan bahwa Angkatan Bersenjata Turki telah memborbadir pemukiman di perbatasan Suriah dengan sistem artileri kaliber besar,” kata juru bicara Kementrian Pertahanana Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov dalam konferensi pers pada hari Senin, (1/2/2016) seperti dilansir Presstv.

Ia menambahkan bahwa rekaman itu diperoleh dari staf umum Suriah dan diserahkan kepada pasukan Rusia. “Ada bukti video lainnya bahwa serangan Turki dibantu oleh kelompok oposisi Suriah.”

Konashenkov juga meminta reaksi dan penjelasan oleh NATO dan Pentagon atas penembakan yang dilakukan Turki.

Sebelumnya, media Suriah mengklaim ada seorang tentara tewas dan lima orang lainnya menderita luka setelah penempatan pasukan Turki di sepanjang perbatasan di wilayah Jabal Atirah, Lattakia.

Pasukan pemerintah Suriah dan sekutunya, yang didukung oleh angkatan udara Rusia, telah membuat keuntungan signifikan di Lattakia. Turki mendukung militan dari etnis Turkmens untuk melawan pemerintah Suriah.

Pejabat Kementrian Pertahanan Rusia juga mengumumkan bahwa jet tempur Rusia telah menghancurkan 1.300 target teroris selama minggu terakhir. Sebagian besar serangan dilakukan dengan menggunakan Tu 22M3 dan difokuskan pada kota Dayr Al Zawr, yang berusaha direbut kembali oleh para militan. (ba)

Video:

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL