Tal Afar,LiputanIslam.com—Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, mengatakan pada Minggu (20/8) bahwa  militer Irak telah melancarkan sebuah serangan balasan untuk merebut kembali Kota Tal Afar dari cengkraman ISIS.

Senin (21/8), hari kedua bagi militer Irak untuk melakukan serangan terhadap ISIS di Tal Afar. Di saat itu juga, polisi federal terus mendesak masuk ke beberapa daerah di sebelah barat Tal Afar dan berhasil menewaskan 20 anggota militan ISIS serta menghancurkan kendaraan mereka.

Tal Afar merupakan sebuah kota yang berada di sebelah barat Kota Mosul dengan jarak sekitar 80 km. Di Kota ini konflik sektarian antara kelompok Sunni dan Syi’i berkobar setelah militer Amerika melakukan invasi ke Irak pada 2003. Konflik ini pun melahirkan beberapa orang komandan senior ISIS yang sangat berbahaya.

Kota Tal Afar juga sempat terlepas dari cengkraman ISIS akibat operasi militer gabungan yang dilakukan oleh militer Irak, volunter Syiah, dan pejuang Peshmerga Kurdi.

Organisasi Migrasi Internasional PBB (IOM) memperkirakan bahwa di Kota Tal Afar dan sekitarnya masih terdapat 10.000 hingga 40.000 orang yang belum dievakuasi.

ISIS telah memproklamirkan kekhalifahannya di kota ini sesaat setelah pemerintah Irak berhasil mengusir mereka dari Kota Mosul. (fd/NRT)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL