Marawi,LiputanIslam.com—Usai melakukan eksekusi terhadap dua komandan utama kelompok teroris ISIS—Isnilon Hapilon dan Omarkhayam Maute—di Kota Marawi, Filipina, beberapa waktu lalu, militer Filipina masih tetap melakukan penyisiran guna melenyapkan sisa-sisa para teroris yang masih bertahan di kota itu. Bagi Jenderal Eduadi Ano, hadirnya sisa-sisa para pejuang ISIS di Marawi ini bukanlah ancaman bagi pemerintah.

Dalam sebuah wanwancara yang dilakukan oleh ABS-CBN News pada Selasa kemarin (17/10), Walikota Marawi, Majul Usman Gandamra memperkirakan bahwa kota ini akan terbebas secara total dari kelompok ISIS dalam tiga hari ke depan.

“Pihak militer telah menyampaikan kepada kita bahwa masih ada 11-20 orang militan yang membawa 10 orang tahanan,” ucam Gandamra.

Meski begitu, rehabilitasi Kota Marawi yang telah hancur akibat perang setidaknya akan menghabiskan waktu sekitar tiga tahun. Walaupun tidak ada satu Menara listrik pun yang rusak akibat perang, pemerintah Filipina masih tetap membantu mencarikan dana dan sumber daya lain yang dibutuhkan.

Sehari sebelumnya,  Duterte telah mendeklarasikan bebasnya Kota Marawi dari cengkraman ISIS. Namun lebih dari 300.000 penduduk yang sebelumnya telah mengungsi masih belum diizinkan kembali ke rumah mereka.

Para pejabat pemerintah mencoba untuk memberikan pengertian kepada para penduduk itu bahwa beberapa wilayah di Marawi masih diduduki oleh orang-orang militant dan 60-80 bangunan pun masih perlu disterilkan dari jebakan alat peledak.

“Yakinlah bahwa tantara, awak pesawat, pelaut, marinir, petugas kepolisian, dan penjaga pantai kita pun masih terus berjuang untuk menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin,” ucap juru bicara militer, Mayor Jenderal Restitudo Padilla.

“Kami harus 100% yakin bahwa di seluruh area tersebut tidak ada bom maupun ranjau peledak yang tertinggal,” tambahnya.

Hingga Selasa kemarin, tercatat 847 militan, 163 militer pemerintah, dan 47 warga sipil telah dinyatakan meninggal akibat konflik tersebut. (fd/AA)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL