Gaza,LiputanIslam.com—Sebuah kapal kemanusiaan telah dikirimkan ke Jalur Gaza untuk mendobrak blokade laut yang diberlakukan Israel di Laut Gaza. Kapal ini membawa bantuan medis dan bisa juga mengangkut warga Gaza yang terluka, serta belum mendapatkan pengobatan yang cocok ke Siprus.

Kapal kiriman organisasi yang bernama Freedim Flotilla Coalition (FFC) ini telah berlayar dari pelabuhan Skandinavia dan pada senin kemarin (9/7), telah tiba di perairan Korsika. Rencananya kapal ini akan berlayar melewati Italia dan berlabuh di perairan Gaza.

Kapal bernama al-Awda ini merupakan kapal kedua yang dikirimkan oleh organisasi Freedom Flotilla ke Gaza. Pada 29 Mei lalu, Pengiriman pertama telah dilakukan. Sayangnya, pada saat itu, kapal bantuan ini ditahan oleh militer Israel dan 17 orang awak kapal termasuk kaptennya telah diamankan. Saat ini, semua awak kapal telah dibebaskan kecuali Kapten Suheil Muhammad al-Amoudi yang masih ditahan sampai saat ini.

Seperti yang diketahui bersama, militer Israel telah memblokade laut, darat, dan udara Gaza dengan dalih melindungi gaza dari kiriman senjata berbahaya. Polisi laut Israel hanya mengizinkan para nelayan Palestina utnuk memancing ikan sejauh 9 mil dari bibir pantai. Mereka akan ditangkap jika melewati batas yang telah ditentukan.(fd/PNN)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*