Kairo,LiputanIslam.com-Dalam konferensi pers bersama dengan Michel Aoun, presiden Lebanon, di Kairo, Senin (13/2), Abdel Fattah el-Sisi menyatakan kesiapan Mesir untuk mendukung serta bekerjasama dengan militer Lebanon guna memerangi terorisme.

Tanpa menyinggung bentuk dukungan militer ini, el-Sisi mengatakan,”Kami telah membahas sejumlah masalah regional dan internasional yang menjadi perhatian Mesir dan Lebanon. Khususnya tentang perang melawan terorisme, krisis Suriah, dan para pengungsi di Lebanon.”

“Kami percaya, dua negara harus bekerjasama untuk menghadapi bahaya terorisme. Dengan ini, saya menyatakan Mesir siap mendukung militer Lebanon dan aparat keamanan lainnya,”tambah el-Sisi.

Ini adalah kunjungan pertama Aoun ke Mesir setelah terpilih sebagai presiden Lebanon. Dia memuji peran Mesir di Dunia Arab dan menyatakan bahwa negara ini bisa memudahkan penanganan krisis di negara-negara seperti Suriah.

“Ada harapan tinggi agar Mesir bisa melaksanakan perannya. Dengan bersikap moderat, Mesir bisa merancang cara inovatif untuk menyelamatkan Arab berdasarkan strategi pembasmian terorisme,”ungkap Aoun.

Selama di Mesir, Aoun berencana menemui sejumlah tokoh politik dan agama negara ini. Setelah mengunjungi Kairo, Aoun juga akan mengunjungi Amman, ibukota Yordania.

Aoun yang merupakan penganut Kristen Maronit, menjadi presiden Lebanon dengan dukungan Hizbullah dan mengakhiri dua tahun kebuntuan politik di negara ini.

Bulan lalu Aoun berkunjung ke Riyadh dan meyakinkan para pejabat Saudi untuk memberikan paket bantuan militer senilai 3 milyar dolar kepada Beirut. Setelah itu, dia juga melakukan kunjungan ke Qatar.

Menurut para pengamat, kunjungan luar negeri Aoun bertujuan memulihkan hubungan Lebanon dengan negara-negara Arab yang sempat memburuk, juga menarik dukungan mereka untuk Beirut. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL