TelAviv,LiputanIslam.com-Media-media Israel mengungkap, target utama kerjasama Kairo-Tel Aviv di Sinai adalah kelompok perlawanan Hamas.

Kabar ini berlawanan dengan klaim Abdel Fattah el-Sisi (presiden Mesir) bahwa Kairo bekerjasama dengan Tel Aviv untuk menumpas teroris di Sinai.

Dalam laporan situs berbahasa Ibrani, Walla, Israel menyalahgunakan izin dari el-Sisi untuk beraktivitas di Sinai untuk menghadang penyelundupan senjata bagi Brigade Izzuddin Qassam (sayap militer Hamas).

“Informasi dan kabar soal serangan terhadap ISIS di Sinai sebenarnya adalah samaran untuk tujuan asli operasi militer di sana, yaitu mengatasi pengiriman senjata untuk Hamas di Gaza,”tulis Walla.

“Gadi Eizenkot (kepala staf tentara Israel) telah merancang operasi untuk menghadapi penyelundupan senjata bagi Hamas di Sinai. Aksi utamanya adalah serangan udara besar-besaran atas muatan senjata yang dikirim untuk kelompok-kelompok Palestina.”

“Sejak diangkat sebagai kepala staf tentara Israel pada 2015, Eizenkot menjadikan penurunan kekuatan militer Hamas sebagai prioritasnya. Oleh karena itu, begitu mendapat lampu hijau dari Mesir untuk melancarkan operasi di Sinai, dia mulai menyerang muatan-muatan senjata untuk Hamas,”lanjut Walla.

Sebelum ini, Israel mengklaim bahwa Izzuddin Qassam memanfaatkan kekacauan di Libya guna menyelundupkan senjata ke Gaza melalui Sinai.

Walla menambahkan, aksi Israel untuk menghadang peningkatan kemampuan militer Hamas meliputi aksi teror terhadap para insinyur industri militer yang bekerja untuk Hamas di luar negeri. (af/alalam/irib)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*