Kairo,LiputanIslam.com-Menurut laporan France 24, Mesir dikabarkan tengah membangun ibukota administratif baru di tengah sebuah gurun yang berjarak 60 kilometer dari Kairo.

Kota yang akan dimunculkan dari tengah gurun ini belum memiliki nama. Ribuan truk dan puluhan ribu pekerja datang setiap hari ke proyek terbesar di Afrika ini. Rencananya, kota baru ini akan menjadi tempat untuk semua departemen Mesir, gedung-gedung departemen, pusat pemerintahan, dan gedung parlemen yang lebih besar tiga kali lipat dari gedung parlemen sekarang.

Menurut seorang insinyur di proyek ini, dengan melihat pertumbuhan jumlah penduduk Mesir, gedung parlemen dirancang lebih besar agar bisa memuat wakil rakyat lebih banyak.

Ratusan ribu pegawai departemen-departemen dikabarkan akan menetap di kompleks besar kota baru ini. Kota baru tersebut diprediksi akan menampung hingga 6 juta orang.

France 24 mengklaim, proyek senilai 40 milyar euro ini bisa saja gagal. Namun presiden Mesir berencana pindah ke kota baru tersebut guna mengakhiri prediksi negatif soal proyek ambisius ini. El-Sisi dikabarkan akan menempati sebuah istana mirip istana para firaun. Hingga kini, tak satu pun stasiun televisi yang diizinkan mengambil gambar dari istana tersebut. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*