Berlin,LiputanIslam.com-Kanselir Agung Jerman mengakui, kekuatan dan kekuasaan Bashar Assad telah bertambah, meski itu bukan hal yang dikehendaki Barat.

Menurut laporan RT, hal ini disampaikan Angela Merkel dalam konferensi pers tahunannya di Berlin. Dia mengatakan,”Bashar Assad jauh lebih kuat dari yang saya inginkan.”

Meski demikian, dia menyatakan, fakta ini tidak berarti meniadakan urgensi transisi politik di Suriah.

“Transisi politik di Suriah bisa jadi membawa perdamaian ke dalam negeri ini. Namun perundingan dalam masalah ini masih berjalan lamban,”ujarnya.

Sebelum Merkel, sejumlah politisi Barat juga telah mengubah sikap mereka terhadap pemerintah Suriah. Mereka mengakui, pelengseran Assad dalam situasi sekarang tidak membawa kemaslahatan bagi Suriah.

Kemarin Emmanuel Macron, presiden Prancis, menyatakan negaranya seiring dengan Iran, Rusia, dan Turki dalam memberantas teroris dan mengembalikan stabilitas Suriah.

“Kita harus mengakhiri perang di Suriah serta mewujudkan perdamaian di Irak dan Suriah. Terkait Suriah, sejak Mei lalu saya sudah berpendapat bahwa kita harus mengubah metode di Suriah,”kata Macron. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL