Tehran,LiputanIslam—Menteri Pertahanan Iran, Brigadir Jenderal Hossein Dehqan menyamakan AS dengan perampok bersenjata yang membuat kekacauan di Teluk Persia. Ia menyarankan agar Amerika keluar dari wilayah tersebut, setelah salah satu petinggi militer Amerika menuduh Iran sebagai penyebab kekacauan di kawasan itu.

“Apa yang dilakukan orang-orang Amerika itu di teluk Persia? Mereka lebih baik keluar dari wilayah ini dan tidak membuat kerusuhan di negara-negara Teluk.” Ucap Jenderal Dehqan merespon ucapan Jenderal Angkatan Darat Amerika, Joseph Votel, Kamis (30/03)

Dalam kesaksiannya di Gedung Komite Angkatan Bersenjata pada Rabu kemarin, Votel mengatakan bahwa Iran adalah salah satu ancaman terbesar AS saat ini. Menurutnya, Iran semakin mengacaukan stabilitas di kawasan teluk tersebut.

Menanggapi komentar itu, Menteri Pertahanan Iran, mengatakan bahwa komentar Votel tak lebih dari sekadar omong kosong yang tujuannya adalah agar negara teluk bersedia menerima kehadiran “Perampok gila bersajata” itu menghancurkan kawasan teluk.

Pemimpin Revolusi Islam, Ayatullah Sayid Ali Khamenei dalam sambutannya pada Juni 2016 mengatakan bahwa keamanan kawasan teluk Persia merupakan tanggung jawab negara-negara teluk sendiri. Amerika tidak perlu mengklaim diri sebagai penjaga keamanan di kawasan ini.

“Keamanan Teluk Persia adalah urusan negara-negara kawasan, bukan AS. Jadi, keamanan Teluk Persia harus dijaga oleh negara-negara dari kawasan teluk,” Ungkap beliau. (fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL