London,LiputanIslam.com-Menurut berita yang dikutip Qudsonline dari situs Al-Ahed, Michael Fallon, Menteri Pertahanan Inggris, akhirnya mengumumkan jumlah bom cluster yang diekspor negaranya ke Arab Saudi.

Pernyataan ini dirilis setelah Inggris terlibat lebih dari setahun dalam agresi militer Saudi ke Yaman. Dalam agresi brutal ini, Saudi melakukan banyak kejahatan perang atas warga sipil dan dituduh menggunakan bom cluster.

Sebelum ini, parlemen Inggris menuntut penjelasan terkait penjualan senjata ke Saudi. Dalam surat yang ditujukan kepada para anggota parlemen, Fallon menyatakan bahwa sejak tahun 1986-1989, London telah menyerahkan lima ratus bom cluster kepada Riyadh.

Bulan lalu, Fallon pernah mengatakan,”Saudi tidak melanggar undang-undang internasional dengan menggunakan bom-bom ini. Namun kami minta agar Saudi melenyapkan bom-bom cluster yang masih tersisa.”

Sebelum ini, gerakan Ansharullah di Yaman menyebut Inggris bertanggung jawab atas kejahatan perang Saudi terhadap warga Yaman, karena Saudi menggunakan bom-bom cluster buatan negara monarki ini. (af/qudsonline)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL