Washington,LiputanIslam.com-Harian Inggris, Independent, melaporkan bahwa Menteri Pendidikan baru AS, Betsy DeVos, sepanjang tahun lalu telah memberikan sekitar 900 ribu dolar kepada para senator pendukungnya. Selasa lalu (7/2), DeVos baru saja lolos dari lubang jarum dalam sidang uji kelayakannya di Senat AS.

Dalam sidang tersebut, wanita milyarder ini mendapat suara dari 50 senator, sedangkan 50 senator lain menolaknya. Andai Mike Pence, Wakil Presiden AS, tidak memberikan suaranya, niscaya DeVos tak akan masuk kabinet pemerintahan Trump.

DeVos menjadi bahan cibiran media-media AS gara-gara pernyataan menggelikannya saat sidang. Misalnya dia mengatakan, dia menyetujui adanya senjata di sekolah-sekolah untuk membela diri dari serangan beruang grizzly.

DeVos disebut sebagai menteri kontroversial lantaran presentasi statistik yang keliru, salah menjawab pertanyaan para senator, kesalahan tulis dalam pesan-pesan akun medsos, dan penentangan terhadap penambahan fasilitas sekolah pemerintah.

Sebelum ini, DeVos secara terbuka pernah mengatakan, dia berharap bantuan dananya untuk lembaga-lembaga politik “bisa mendatangkan keuntungan baginya.”

Menurut laporan ini, selama beberapa tahun terakhir, DeVos telah menyumbang sekitar 4 juta dolar kepada Partai Republik. Menurut laporan lembaga Centre for American Progress, sebagian besar dari sumbangan ini diberikan pada tahun 2016, kendati DeVos telah menyumbang partai ini sejak tahun 1980.

Dari 51 senator yang memilih DeVos hari Selasa lalu, 22 orang telah menerima total 894.350 dolar dari milyarder ini dengan dalih bantuan kampanye.

Kendati aktif dalam kampanye politik, sebelum ini DeVos tidak memiliki jabatan di pemerintahan AS. Dia adalah satu-satunya Menteri Pendidikan AS yang tidak pernah mengelola sekolah pemerintah atau menyekolahkan anak-anaknya di sana.

DeVos dan keluarganya adalah satu satu penyumbang dana terpenting Donald Trump untuk masuk ke Gedung Putih. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL