Teheran,LiputanIslam.com—Menteri Intelijen Iran, Mahmoud Alavi, mengatakan bahwa Saudi Arabia merupakan sponsor gerakan terorisme yang akhir-akhir ini berkembang di wilayah Iran. Hal ini ia sampaikan terkait penangkapan lima orang teroris di Chabahar, Selatan Iran, pada Rabu (14/6).

Alavi mengatakan bahwa tiga dari lima teroris tersebut berasal dari Iran sementara dua lainnya berasal dari negara tetangga.

“Kami tahu bahwa mereka telah berencana untuk melakukan serangan; para teroris tersebut kami tangkap di luar rumah. Dua di antaranya telah terbunuh dalam operasi penangkapan. Kami juga telah kehilangan seorang petugas keamanan,” ucap Alavi.

Ia menambahkan “Saudi Arabia merupakan sponsor gerakan teroris di wilayah Iran dan telah menyewa orang bayaran dari negara-negara tetangga. ISIS yang dikalahkan di Raqqa, Mosul, dan berbagai wilayah lainnya di Suriah dan Irak, mulai mengalihkan perhatian mereka ke Iran. Mereka berambisi untuk melakukan serangan di Iran, sekecil apapun.”

Alavi menegaskan bahwa Iran telah memiliki informasi yang membuktikan bahwa Saudi telah menyewa orang bayaran dari negara-negara tetangga untuk menciptakan kegaduhan di wilayah Iran.

Selain itu, Menteri Luar Negeri Iran, Zarif, juga mengatakan pada Selala (13/6) bahwa Saudi berperan dalam serangan yang telah terjadi di Teheran beberapa waktu lalu. (fd/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL