Washington,LiputanIslam.com-Berdasarkan kutipan Reuters dari seorang pejabat AS, Heather Wilson telah mengundurkan diri dari posisi menteri angkatan udara AS.

Wilson adalah anggota majlis perwakilan AS dari Partai Republik dari tahun 1998 hingga 2009. Dia diangkat Donald Trump (presiden AS) sebagai menteri angkatan udara pada tahun 2017 lalu.

Kementerian angkatan udara adalah salah satu departemen internal di kementerian pertahanan AS. Menteri angkatan udara bertanggung jawab atas semua urusan terkait perekrutan, pendidikan, dan organisasi angkatan udara.

Wilson sendiri adalah salah satu kandidat untuk menempati pos menteri pertahanan AS. Menurut sumber Reuters, Wilson tak diminta siapa pun untuk mengundurkan diri. Keputusan ini diambil Wilson tanpa tekanan sama sekali.

Wilson dikabarkan akan mengundurkan diri pada 31 Mei mendatang. Dia berencana untuk menjabat sebagai rektor Universitas Texas di El Paso.

Pengunduran diri menteri berumur 58 tahun ini telah membuat satu posisi teras di Pentagon kosong. Sebelum ini, James Mattis mengundurkan diri dari menteri pertahanan lantaran berselisih dengan Trump. Saat ini, Mattis digantikan oleh wakilnya Patrick Shanahan.

Pengganti Wilson akan mewarisi tantangan-tantangan berat di kementerian angkatan udara. Salah satunya adalah tantangan membentuk “pasukan luar angkasa” yang rencananya akan bekerja di bawah pengawasan kementerian angkatan udara. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*