Wina,LiputanIslam.com-Menlu Saudi pada Senin kemarin (19/2) menyatakan, Riyadh tidak berminat ikut serta dalam pembentukan aliansi keamanan regional seperti Uni Eropa. Demikian dilansir kantor berita Reuters dari Wina, Austria.

Emir Qatar, Syekh Tamim bin Hamd Al Thani, pada Jumat lalu mengatakan, negara-negara Timur Tengah mesti melupakan perselisihan dan menjalin konsensus keamanan seperti yang dibuat Uni Eropa.

Tamim meminta masyarakat internasional menekan negara-negara kawasan untuk memulai proyek ini. Emir Qatar sejauh ini belum memberikan penjelasan lebih lanjut terkait masalah ini.

Adel al-Jubeir di sela-sela pertemuannya dengan menlu Austria mengatakan,”Kami sudah memiliki struktur semacam ini (GCC) di kawasan.”

Dewan Kerjasama Teluk (GCC) adalah sebuah blok politik-perniagaan yang didirikan semenjak 36 tahun lalu.

Saudi beserta UEA, Mesir, dan Bahrain mengembargo Qatar sekitar tujuh bulan lalu. Mereka menuduh Doha mendukung terorisme dan Iran. Upaya AS dan Kuwait untuk mendamaikan kedua belah pihak masih belum membuahkan hasil hingga kini.

“Kami berharap Qatar melakukan tindakan benar dan menghentikan dukungan kepada terorisme. Jika mereka melakukannya, anggota GCC akan menyambut mereka dengan baik. Dengan begitu, kita bisa memperbaiki kondisi keamanan untuk negara-negara anggota,”tandas al-Jubeir. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*