Islamabad,LiputanIslam.com-Amerika dan NATO dinyatakan gagal menciptakan keamanan di Afghanistan. Menurut menlu Pakistan, satu-satunya cara untuk mewujudkan keamanan di Afghanistan adalah kerjasama Islamabad-Kabul.

Khawaja Muhammad Asif mengatakan, kerjasama kedua belah pihak dan pemahaman timbal balik adalah kunci keamanan di kedua negara. Namun, dia menyesalkan sebagian pihak di Afghanistan yang tidak menghendaki terciptanya keamanan.

“Sejumlah elemen di pemerintahan Afghanistan tidak menginginkan stabilitas. Mereka berusaha menghalang-halangi perundingan Kabul-Islamabad. Di lain pihak, Amerika juga tidak berbuat apa-apa dalam hal ini,”tegas Asif.

Dia mengklaim, Pakistan bukan tempat aman bagi para teroris. Sebab itu, mereka tak bisa merencanakan aksi teror di negara tersebut.

Menlu Pakistan menambahkan, lebih dari 70 persen wilayah Afghanistan dikuasai Taliban. Oleh karena itu, pemerintah Kabul tak sanggup mengatasi ISIS dan Taliban.

“Kami berkali-kali meminta agar Kabul bertindak untuk memulangkan imigran Afghanistan ke negara mereka. Mereka juga kami minta bekerjasama dalam mengurus perbatasan bersama kedua negara,”kata Asif.

Dia berpendapat, selama Pakistan-Afghanistan tidak melakukan kerjasama langsung, keamanan tidak akan tercipta di kawasan.

Para pejabat kedua negara telah bertemu di Kabul untuk berunding menyelesaikan sejumlah perselisihan. Masing-masing pihak diwakili oleh deputi menlu tiap negara. (af/alalam/fars)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*