Kairo,LiputanIslam.com-Kementerian luar negeri Mesir mengumumkan rencana Samih Shukri (menlu Mesir) untuk melawat ke AS hari ini, Senin (25/3). Kabar mendadak ini mengejutkan para pengamat dan analis politik.

Lawatan ini seiring dengan kemarahan warga Mesir atas keputusan pemerintah AS yang mengakui Golan sebagai bagian Israel. Kemenlu Mesir melalui statemennya menegaskan penentangan Kairo terhadap keputusan tersebut. Sikap serupa juga ditegaskan oleh al-Azhar dan sejumlah partai politik Mesir.

“Saya berpendapat, sikap Kairo terkait masalah Golan sesuai dengan prinsip Mesir bahwa kawasan itu adalah milik Suriah. Menurut saya, Shukri melawat ke AS guna menyampaikan penolakan Kairo terhadap keputusan Trump dan kebijakan Washington terkait Palestina,”kata Mustofa Bakri (jurnalis dan anggota parlemen Mesir) kepada Russia al-Youm.

Thariq Fahmi (dosen Hubungan Internasional) juga menyatakan, Golan adalah salah satu topik utama yang akan dibahas Shukri di AS. Menurutnya, Kairo juga ingin mengetahui detail Kesepakatan Abad Ini sebelum menerima atau menolaknya.

Ahmad Rafaat, jurnalis dan analis politik yang dekat dengan para pengambil keputusan Mesir, mengatakan,”Mesir telah melaksanakan tanggung jawab historis dan nasionalnya dalam kasus pemindahan kedubes AS ke al-Quds, juga melakukan berbagai upaya diplomatik di DK PBB dan sidang umum PBB terkait masalah itu. Sekarang Mesir juga akan berusaha menghentikan keputusan AS ihwal pengakuan Golan.” (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*