Beirut,LiputanIslam.com-Dilansir dari Russia al-Youm, menteri luar negeri Lebanon menyatakan, negaranya adalah pihak terdepan yang menghendaki kembalinya Suriah ke Liga Arab. Gibran Basil mengatakan, Lebanon-lah yang juga memprotes pembekuan keanggotaan Damaskus di Liga Arab.

“Kami telah menjaga hubungan terbaik kami dengan Suriah. Maka wajar jika kami membantu Suriah kembali bergabung dengan Liga Arab,”kata Basil.

Menurut Basil, perang di Suriah telah berdampak negatif bagi ekonomi Lebanon. “Perang ini telah menyusahkan kami dan menutup pasar-pasar Arab kepada kami. Jadi sangat tidak bisa diterima jika kami mencekik diri sendiri di masa perdamaian,”tandasnya.

“Kami memiliki kebijakan independen yang didasari pembalasan setimpal terhadap perlakuan kepada kami.”

Sebelum ini, Nabih Berri (ketua parlemen Lebanon) meminta penundaan pertemuan ekonomi Beirut yang akan diadakan pada 19-20 Januari nanti. Berri menyatakan, Suriah harus ikut serta dalam pertemuan tersebut.

Liga Arab membekukan keanggotaan Suriah menyusul terjadinya kerusuhan di negara itu pada 2011 lalu. Hal ini diikuti pemutusan hubungan banyak negara-negara Arab dengan Damaskus. Namun saat ini, negara-negara tersebut telah mengumumkan akan memulai kembali hubungan diplomatik dengan Suriah. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*