Berlin,LiputanIslam.com-Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif, menegaskan perlunya keberadaan sebuah dewan keamanan regional di Teluk Persia guna mempopulerkan budaya dialog.

Dalam pertemuan tahunan ECFR (European Council on Foreign Relations) di Berlin, Senin (26/6), Zarif menyebut kesepakatan nuklir Iran (JCPOA) sebagai sebuah win-win solution.

“JCPOA adalah sebuah kesuksesan karena semua pihak mendapatkan keuntungan. Kita harus mengingat pentingnya pola pikir yang menghasilkan dampak positif,”paparnya.

Menurut Zarif, Uni Eropa berperan penting dalam pembudayaan dialog di Timur Tengah. Dia mengatakan, Iran tahu bahwa Uni Eropa tidak bisa memikirkan kemenangan untuknya, sementara pihak lainnya menderita kekalahan.

Menlu Iran menyatakan, keamanan tidak bisa dibeli dan politik luar negeri bukan sebuah barang. Menurutnya, kesepakatan jual-beli senjata tidak bisa disebut sebagai sebuah kerjasama.

Zarif juga menolak pola pikir yang dikembangkan Arab Saudi, yaitu menganggap orang lain sebagai pihak yang bersalah. “Pola pikir seperti ini mirip dengan pola pikir ISIS,”ujarnya.

Dia mengatakan, pola pikir yang berdasarkan kebencian dan penghancuran di Timur Tengah bisa menyebar ke seluruh penjuru dunia dan menciptakan bencana-bencana yang mengerikan. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL