Teheran,LiputanIslam.com-Dalam wawancara dengan wartawan, Kamis (19/1), Javad Zarif, Menlu Iran menegaskan semua pihak harus menghormati perjanjian nuklir Iran (JCPOA). Dia menyatakan, jika Trump berniat membatalkan isi JCPOA, maka Iran akan memberinya kejutan.

“Sudah saya katakan sebelum ini, Trump gemar mengejutkan orang lain. Jadi, kami juga akan membuatnya terkejut,”ujar Zarif.

Zarif menyampaikan hal ini di sela-sela pertemuan luar biasa para menteri OKI di Kuala Lumpur.

Saat ditanya apa bentuk kejutan dari Iran, Zarif menukas,”Kalau saya jelaskan, berarti bukan kejutan lagi.”

Zarif menyebut kebijakan Republik Islam Iran tak pernah berubah. “Amerika-lah yang berkewajiban mengambil keputusan di hadapan masyarakat internasional. Tampaknya, banyak orang yang mencemaskan statement-statement Trump saat kampanye, khususnya terkait Palestina dan sejumlah masalah lain. Mari kita tunggu dan lihat apa yang akan terjadi,”tuturnya.

Ia menambahkan, perjanjian nuklir adalah kesepakatan internasional dan Iran sama sekali tidak mencemaskannya.

“Kami tidak khawatir apa pun yang dia (Trump) lakukan. Kami memiliki opsi-opsi tersendiri,”jelasnya.

Baru-baru ini, Trump berkata, dia tak akan membeberkan sikapnya terkait JCPOA. Dalam kampanyenya, dia pernah berkoar akan membatalkan JCPOA atau menggantinya dengan perjanjian yang lebih baik. Dia menyebutnya “perjanjian paling idiot sepanjang masa” dan sesumbar akan merobek-robek kesepakatan ini.

Di lain pihak, Iran berulang kali menegaskan, JCPOA tidak bisa dirundingkan lagi. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL