Washington,LiputanIslam.com-Menteri Luar Negeri Amerika di sela-sela rapat tahunan PBB menyatakan, kesepakatan nuklir Iran (JCPOA) harus segera direvisi. “Kesepakatan ini harus diubah. Jika tidak, Amerika akan keluar dari kesepakatan ini,”ujar Rex Tillerson saat diwawancarai Fox News.

Tillerson mengatakan, dalam JCPOA terdapat butir kesepakatan yang disebut “terbenamnya matahari.” Berdasarkan butir tersebut, pembatasan yang diberlakukan atas program nuklir Iran akan dicabut secara otomatis pada tahun 2030.

“Bila butir ini dan butir-butir lain tidak direvisi, Amerika akan mengundurkan diri dari JCPOA,”katanya.

JCPOA disebut Tillerson sebagai sebuah kesepakatan yang masanya terbatas dan berpotensi untuk dicurangi. Dia mengatakan, JCPOA seperti kesepakatan yang pernah ditandatangani pemerintah-pemerintah Amerika sebelum ini.

“Saya pikir, Presiden Trump menganggap kesepakatan ini tidak begitu kuat, juga tidak bisa mengurangi kecepatan program nuklir Iran. Iran juga sulit untuk dimintai tanggung jawab atas kesepakatan ini,”papar Tillerson.

Di akhir wawancara, Tillerson mengatakan, Trump ingin mengubah JCPOA. Namun dia memerlukan dukungan dari sekutu-sekutu Eropanya untuk mewujudkan hal itu. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL