Gaza,LiputanIslam.com—Menhan Israel, Avigdor Liberman, bersumpah untuk menghancurkan semua terowongan di Jalur Gaza dalam kurun waktu satu tahun. Selain itu ia juga mengusulkan sebuah kesepakatan kepada otoritas Palestina akan memberikan izin datangnya bantuan dengan syarat kelompok Hamas mau melucuti senjata mereka.

“Menhan mengatakan bahwa semua terowongan penyelundup semacam itu akan hancur pada akhir tahun 2018,” kata jubir Liberman, Yisrael Beiteinu pada Selasa (16/1)

Penghancuran terowongan dan pembangunan “pengaman bawah tanah” di sekitar Jalur Gaza merupakan dua hal penting yang harus dilakukan Liberman untuk menyelesaikan ketegangan di Jalur Gaza.

Leberman juga mengusulkan agar berbagai serangan balasan dilakukan sebagai respon atas peluncuran roket Hamas dari Jalur Gaza. Cara ini menurutnya efektif untuk menghancurkan Hamas dan meningkatkan pemukiman Israel di wilayah Palestina.

Selama beberapa decade, konflik antara Israel dan Palestina terus berlanjut. Pemerintah Israel menolak untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara merdeka dan terus membangun pemukiman illegal di wilayah-wilayah Palestina. Meski tindakan Israel ini telah mendapat teguran dari PBB, tetapi aksi brutal Israel masih tetap berlanjut. (fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*