Riyadh,LiputanIslam.com-James Mattis, Menteri Pertahanan baru AS, menghubungi sejawat Saudinya melalui telepon dan mengecam ‘intervensi’ Iran di Timur Tengah.

Media-media Saudi melaporkan, Mattis dan Muhammad bin Salman mengungkapkan kecemasan mereka atas ‘aktifitas mencurigakan dan intervensi‘ Iran beserta sekutunya.

Dengan beragam dalih lemah, Saudi selalu berusaha menampakkan Iran sebagai penyebab ‘instabilitas’ di Timur Tengah. Senada dengan Saudi, sejumlah anggota kabinet Trump juga menunjukkan sikap anti-Iran.

Mattis mengabdi selama lebih dari empat dekade di Korps Marinir AS. Jenderal purnawirawan berbintang empat ini dikenal dengan julukan Mad Dog (anjing gila). Dia terlibat dalam sejumlah operasi militer Amerika dalam agresinya ke Afghanistan dan Irak.

Mattis termasuk orang mengecam keras JCPOA, yaitu perjanjian nuklir antara Iran dengan negara-negara 5+1 (Amerika, Prancis, Inggris, Rusia, China, dan Jerman).

Dalam perbincangan telepon ini, Saudi kembali menegaskan perluasan kerjasama dua negara dan ‘perang melawan terorisme’.

Sejak Trump berkuasa, Saudi berharap bisa memperbaiki hubungannya dengan AS. Hubungan Saudi-AS cenderung mendingin semasa Obama menjabat sebagai presiden.

Saudi kerap mengkritik pemerintahan Obama terkait JCPOA. Negara kaya minyak ini termasuk penentang keras kesepakatan nuklir ini.

Minggu (29/1), Trump dan Raja Salman juga berbincang melalui telepon untuk pertama kalinya. Topik utama perbincangan mereka adalah Iran dan ‘perang melawan terorisme.’ Menurut pernyataan yang dirilis Gedung Putih, keduanya membahas ‘instabilitas’ yang disebabkan Iran di Timteng dan cara untuk menghadapinya.

Pekan lalu, Adel al-Jubeir, Menlu Saudi, mengutarakan harapannya agar pemerintah Trump berperan lebih aktif di Timteng dan dunia.

Para analis yakin, para sekutu Trump di Timteng seperti Saudi dan Israel, berusaha untuk memprovokasinya memerangi Iran dan Suriah melalui cara apa pun. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL